Petronas Twin Towers

Menara kembar Petronas adalah salah satu ikon Malaysia. Menara kembar ini pernah tercatat menjadi menara tertinggi di dunia tahun 1998-2004, sebelum akhirnya gelar itu direbut oleh Burj Khalifa di Dubai.

Dengan membeli tiket seharga RM 10 Anda bisa berkunjung ke jembatan udara untuk menikmati pemandangan Kota Kuala Lumpur. Loket tiket mulai dibuka pukul 09.30. sebaiknya Anda mulai antrian sejak pukul 06.00, karena kuota tiket dibatasi sekitar 1600-1700 per harinya.

Kuala Lumpur City Center (KLCC)

Taman KLCC merupakan taman yang berada tepat dibawah Menara Kembar Petronas. Di sini, para pengunjung biasanya melakukan jogging, bersepeda, berswafoto atau sekadar duduk santai menikmati keindahan taman KLCC yang dikelilingi gedung-gedung pencakar langit.

Terdapat sebuah danau buatan dengan air mancur yang Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat pertunjukan air warna-warni pada malam hari. Tidak dipunggut biaya untuk mengunjungi taman KLCC.

Kuala Lumpur Bird Park

Taman Burung KL merupakan bagian dari Taman Botani Perdana, terletak sekitar 10 menit dari pusat Kota Kuala Lumpur. Di sini Anda dapat melihat 3000 ekor burung yang terdiri dari spesies lokal maupun asing. Burung-burung dibiarkan terbang bebas dan hidup di habitatnya masing-masing.

Pertunjukan burung dibuka setiap hari mulai pukul 12.30 sampai 15.30. Untuk menuju Taman Burung KL, Anda bisa menggunakan kereta komuter atau bus yang berhenti di dekat bangunan taman. Tiket masuk ke taman ini berkisar antara RM 29 sampai RM 39.

Bukit Bintang

Jika New York memiliki Time Square, Malaysia memiliki Bukit Bintang yang merupakan salah satu tempat wisata belanja yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Di sini, terdapat berbagai brand pusat perbelanjaan yang menjual barang murah sampai barang impor bermerek.

Selain belanja, di Bukit Bintang Anda juga bisa menemukan berbagai restoran, kafe, dan pedagang kaki lima yang menjual variasi makanan dari berbagai negara. Untuk menuju Bukit Bintang, Anda bisa menaiki kereta monorail atau MRT (mass rapid transportation).

Pulau Redang

Pulau Redang merupakan tempat wisata di Malaysia yang populer di kalangan pecinta olahraga menyelam. Berlokasi di Laut Cina Selatan, pulau ini juga bagian dari Taman Laut Trengganu, Malaysia. Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat menggunakan kapal laut dengan harga tiket sekitar RM 40. Akan memakan waktu sekitar 40 menit perjalanan menggunakan kapal laut dari Tanjung Merang. Jika Anda ingin lebih cepat, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dengan tiket seharga RM 250.

Selain memiliki banyak spot favorit untuk menyelam, laut di sekitar pulau ini sangat jernih. Dari daratan kita bisa melihat ragam biota laut yang indah dan mengagumkan. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, Anda harus menyiapkan dana yang cukup besar, sebab harga sewa kamar di Pulau Redang lumayan mahal.

Zoo Negara

Kebun binatang nasional yang dikelola oleh pemerintah Malaysia ini memiliki sekitar 5.500 hewan dari 400 spesies yang berbeda. Saat akhir pekan dan musim liburan, Zoo Negara selalu dipenuhi oleh para wisatawan lokal maupun asing.

Tiket masuk ke Zoo Negara sekitar RM 8 sampai RM 12. Pengelola menyediakan sebuah trem yang bisa digunakan untuk mengelilingi kompleks Zoo Negara untuk Anda yang merasa cepat lelah. Tempat ini mulai buka dari pukul 9.00 pagi hingga pukul 5.00 sore.

Malaysia Textile Museum

Berkunjunglah ke Malaysia Textile Museum untuk belajar segala hal tentang kain khas Malaysia untuk mengetahui sejarah pakaian dan kain di Malaysia dan melihat langsung alat serta cara pembuatan kain-kain tradisional. Tidak dikenakan biaya sepeser untuk mengunjungi museum ini.

Kecuali pada hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha, Museum ini dibuka setiap hari sejak pukul 9.00 pagi hingga 6.00 malam. Anda bisa memilih mengelilingi museum ini sendiri atau menggunakan jasa pemandu.

Malaysia National Museum

Menikmati Liburan sambil belajar tentang sejarah Malaysia di Malaysia National Museum? Yuk, Siapa takut. Di museum ini terdapat 4 galeri utama yaitu, Galeri Early History, The Malay Kingdom, The Colonial Era, dan Malaysia Today. Bangunan museum sendiri mengadopsi arsitektur khas Minangkabau dari Indonesia. Untuk pergi ke museum ini, Anda dapat menaiki kereta komuter atau monorail. Dari stasiun kereta, Anda masih harus berjalan kaki selama 15 menit melewati jalur khusus pejalan kaki yang disediakan pemerintah setempat. Harga tiket masuk ke Malaysia National Museum sekitar RM 5 untuk dewasa dan RM 2 untuk anak-anak. Malaysia National Museum buka setiap hari mulai pukul 9.00 pagi hingga pukul 6.00 petang, kecuali pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Penang National Park

Tempat popular seluas 1.213 hektar ini memiliki daya tarik utama yaitu penangkaran penyu di Pantai Kerachut dan Pantai Kampi, hutan bakau, dan danau alami yang mempesona. Penang National Park merupakan tempat tinggal bagi ribuan flora dan fauna khas daerah tropis. Di setiap bulan September sampai April, Anda dapat melihat peristiwa migrasi burung yang langka. Menakjubkannya lagi, Anda tidak dikenakan biaya untuk menikmati itu semua.

Meski gratis, jika ingin berkunjung Anda wajib mendaftarkan diri ke pengelola dengan alasan keamanan. Untuk tibai ke Penang National Park, Anda dapat menaiki bis Rapid Penang nomor U101 atau U501. Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi melewati Teluk Bahang.

Fort Cornwallis

Fort Corwallis adalah salah satu situs bersejarah berupa benteng yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Seperti halnya Penang War Museum, tempat ini berlokasi di Pulau Penang. Di sini Anda bisa mengunjungi sebuah kapel tua, Seri Rambai Canon (sebuah senjata raksasa bersejarah), dan galeri yang memamerkan sejarah Malaysia. Untuk memasuki Fort Cornwallis Anda akan dikenakan biaya sebesar RM 20 untuk dewasa dan RM 5 untuk anak-anak. Benteng mulai di buka dari pukul 9.00 pagi hingga pukul 7.00 malam dan dibuka setiap hari untuk umum.